How To Be a “Good” Fansubber

Yui from k-one (image from google)

Kepikiran buat jadi fansubber?

Tahun 2012 adalah tahun bertumbuh suburnya para fansubber yang membentuk sebuah “fansub”, namun seiring berjalannya waktu hingga saat ini tahun 2019 hanya segelintir fansub yang masih berdiri dan tetap eksis dalam menggarap anime. Lalu apa sih yang diperlukan agar fansub tetap eksis dan bisa merilis anime secara lancar? Mari kita bahas berdasarkan pengalaman gw melalang buana di berbagai situs fansub dan hingga sekarang stay di fansub yang mungkin kalian kenal sebagai Yukisubs dan Tiramisu.

Buat kalian mungkin yang belum tahu apa itu fansub, menurut gw fansub itu adalah sekumpulan orang-orang yang berdedikasi untuk menerjemahkan sebuah anime yang dibagikan dan dikonsumsi oleh para penggemar anime. Namun tak banyak juga yang membentuk fansub untuk mencari pundi-pundi receh di luar sana. Dulu memang banyak yang memperdebatkan soal ini, tapi sekarang udah gak zaman memperdebatkan ini kalau kalian sendiri yang ngakunya fansubber garap masih gak tamat cih!

Setelah intermezo di atas tadi, mari kita fokus ke judul yang gw buat ini yaitu “how to be a good fansubber”. Buat kalian yang dulunya pernah coba-coba join sebagai fansubber dan sekarang kini telah menghilang tanpa jejak dan tanpa sengaja membaca artikel gw ini, gw cuma mau bilang “Selamat Anda sudah bebas dari lingkaran setan ini!”

Sekarang gw mau fokus buat kalian yang dulunya fansubber atau leecher yang mau mencoba kembali lagi atau masuk ke dalam hobi ini, ada beberapa poin yang harus di utamakan yaitu:

  1. Keseriusan Anda. Belajar lah untuk komitment dengan diri sendiri. Jangan karena alasan ingin dikenal atau cuma alasan ingin nostalgia kalian menggarap anime kembali dan hanya meninggalkan sampah. Jujur jika Anda dulu seorang fansubber yang dipandang oleh leecher, Anda cuma memperburuk nama Anda, dan buat kalian yang baru mencoba garap anime dan cuma menyampah, selamat! Nama Anda akan dicap tukang sampah! Mungkin orang lain tidak ada yang mengatakan seperti itu, tapi tanpa disadari Anda sudah membung sampah bukan pada tempatnya. Belajar lah untuk komitment dengan diri sendiri. Kalau dengan diri sendiri aja enggak komit, gimana dengan orang lain? Pantes aja wibu jomblo semua!
  2. Khusus yang baru mau “sok” ngesub please! Kalau baru bisa beberapa posisi jangan pernah coba-coba buat fansub baru. Tahu gak sih lu tuh cuma nyampah doang! Gak penting keberadaan fansub lu! Mending lu daftar di fansub yang udah berdiri sejak lama dan belajar di sana! Dan inget, kalau disentil jangan pundung keep growing biar lu gak dibully terus!
  3. Buat kalian yang baru tahu sedikit hal dari berbagai posisi yang ada di dunia fansub, jangan pernah sok-sokan double job. Bukannya beres lu malah nyusahin orang lain! TL aja masih ampas, sok-sokan double job jadi editor cuih! Lu mau pamer apa sok sibuk hah?!
  4. Fokus pada satu posisi. Kalau lu mau belajar jadi translator, ya belajar bahasa inggris yang bener, biar gak nyusahin anggota lain buat menyokong lu. Kalau dikasih teguran tuh dengerin! Jangan baper terus ilang. Alhasil? Lu cuman nyampah di rumah orang, dan yang dicap jelek siapa? Fansubnya, bukan lu! Terus lu buat fansub baru gara-gara gak cocok? Please bro mending gak usah ngesub sekalian! Dan ini berlaku untuk posisi lainnya.
  5. Udah jago di satu posisi jangan songong! Inget sehebat apa pun lu kalau sikap lu ampas gak ada yang respek sama lu! Menurut gw sebagus apa pun rilisan lu klo gak tamat buat apaan, cuma nyampah doang di hdd orang tai!
  6. Jangan sok keras bacotin fansubber lain, sejago apa pun lu gak ada istilahnya fansub lu lebih bagus dari orang lain. Lu pikir sekarang, standar bagus fansub itu apa? Gak ada! Yang ada seberapa komit fansub ini!
  7. Satu lagi yang penting nih! Jangan pernah pindah-pindah fansub, fokus satu atau dua fansub konsisten dan berdedikasilah sama fansub tersebut, karena lu gak butuh banyak fansub, kalau ada 1 atau 2 fansub yang bisa menyokong hobi lu secara bersama-sama!
  8. Kembali ke track awal kenapa lu ngesub, jangan pernah terpengaruh sama orang lain, inget kenapa lu mau ngesub. Jadikan itu alasan utama lu agar terus eksis dan memberikan hasil buat komunitas-komunitas wibu di luar sana.
  9. Jangan pernah menyalahkan fastsub ataupun fansub lainnya. Inget di rumah itu ada kaca!
  10. terakhir nih capek gw ngetiknya cok, kalau lu udah punya fansub dan memberanikan diri untuk ajak join fansub lain, inget nih! Jangan nyampah di rumah orang. Kalau udah dikasih kepercayaan buat garap bareng ya konsisten sebelum lu ajak join orang. Lu udah harus pikirkan kemungkinan terburuk, walau pun lagi UAS UN dan tetek bengeknya, luangkan waktu yang katanya hobi lu itu untuk tetep dikerjain, jangan dianggurin. Inget lu mengerjakan hobi ini bukan sendirian, tapi lu udah berani ajak orang lain buat berbagi hobi sama lu!

*catatan kaki
Yang gw tulis ini murni kegoblokan gw sendiri, dan gw mau berbagi biar gak ada yang goblok kayak gw.