FGO Servant Summer Festival 2020 – Impresi

Yap, di artikel kali ini gue mau cerita soal event Summer FGO kali ini.

Sudah lama jadi Master di gim gacha dengan rate-up terampas, tapi baru kali ini gue mainin event-nya dengan serius. Iya, gue baca ceritanya semua, bahkan sampai quest tambahannya. Capek dan menyita waktu sebenarnya, tapi hal ini menunjukkan komitmen banyaknya waktu luang yang gue miliki. Padahal mah biasanya gue tim skip story, sontek walkthrough, dan langsung gas farm sampai goblok.

Plot

Singkat saja soal ceritanya. Chaldea mendadak sepi karena para Servant yang biasa berkeliaran lagi pada liburan. Da Vinci menyuruh kita buat menyelidiki adanya Servant Foreigner yang terdeteksi di Hawaii. Iya, ceritanya kita disuruh kerja sambil liburan (atau libur sambil kerja?). Gak sendirian tentunya, kita ditemani Mash, Jeanne d’Arc (Alter) yang sudah semangat buat liburan, Ibaraki Douji, Ushiwakamaru, dan Paman Robin Hood si tukang repot.

Sampai di Hawaii, BB menyambut kita dan bilang kalau dia sudah mengubah seluruh Hawaii menjadi sebuah Singularitas dan menyatukan semua pulaunya. Kita diminta (baca: dipaksa) untuk berpartisipasi dalam ServantFest dan memenangkannya. Intinya, kita disuruh bikin dan jualan doujin yang paling banyak. Kita cuma dikasih waktu enam hari untuk menyelesaikan doujin tersebut dan kalau gagal menjual yang terbanyak, kita akan dipaksa nge-loop dan mengulang semua dari hari pertama. Sangat menyebalkan, bukan?

Servant yang Menjadi Sorotan

Seperti yang sempat gue singgung di atas, ada beberapa Servant lain yang punya peran kunci dalam cerita untuk event ini. Ibaraki Douji, Ushiwakamaru, Jeanne d’Arc dan saudari tsundere-nya, Alter, mendapat kostum musim panas lengkap dengan kelas barunya. Tidak ketinggalan juga ada Om Robin si tukang repot, Gilgamesh Caster yang menjadi seorang pebisnis amnesia, dan Edmond Dantes yang jadi detektif ala-ala dengan suara tawa yang lebay dan berisik. Ketiganya juga mendapat kostum baru.

Saingan utama kita dalam jualan doujin ada Medb dengan kelas Saber. Asli, Medb super nyebelin dan rese di event ini. Lalu BB dengan kulit gelap barunya yang punya banyak muslihat tetap dengan kelas Mooncancer, juga ada pegawai kantoran paling niat (atau rajin, atau apes) seantero galaksi, Mysterious Heroine XX dengan kelas barunya, Foreigner. Tapi bukan hanya Servant, Master pun diberi Mystic Code alias seragam baru, yaitu baju Hawaii.

Tapi yang paling heran dan kaget, jelas. Anak-anak Round Table dengan pakaian renang!!! Mash sampai pangling dan enggak kenal sama Lancelot!

Om-om yang mau ngerayu cewek berbikini.

Kesan dan Pengalaman

Setiap event summer, pasti capek. Pasti. Berbeda dengan summer sebelumnya yang memberikan map baru pada paruh kedua event, kali ini hanya ada satu map sepanjang dua minggu event berlangsung. Tapi ada enam item yang harus di farm, tiga berupa mata uang event yang bisa ditukarkan di shop untuk membeli material, dan tiga event poin alias berupa milestone (capaian). Gue pribadi sih lebih suka sistem satu map gini biar praktis dan gak pindah-pindah kalau mau farming.

Kita juga diberikan sistem baru di event kali ini. Sesuai dengan cerita, dalam satu hari kita bisa mengerjakan free quest sebanyak dua kali, siang dan malam secara bergantian dan akan berlanjut ke hari berikutnya. Beberapa quest utama dan quest sampingan juga hanya akan muncul pada hari dan waktu tertentu saja. Pada hari ketujuh, kita tidak akan bisa mengerjakan free quest karena akan ada publishing quest alias quest jualan doujin. Setelah selesai, akan loop dan kembali lagi ke hari pertama.

Bicara soal event FGO, tentu tidak lepas dari daya tarik utamanya, gacha. Gue sengaja tarik di banner husbando hanya untuk mendapat Gilgamesh Caster NP 3 dan CE event *5 dua biji, *4 dua biji, dan hadiah hiburan berupa kartu *3 lainnya. Pupus sudah harapan untuk melengkapi koleksi Support Servant husbando di slot Extra class dengan Edmond Dantes. Gue harus mengalah kali ini demi membawa pulang Gilgamesh di event New York nanti.

Gue rasa sampai sini aja deh cerita-ceritanya ga pentingnya. Habis event summer ini kalo gak salah event re-run Zero Accel (halo, Lord El Melloi II) dulu sebelum event New York Gilgamesh nanti. Doakan semoga nanti gue bisa membawa pulang Gilgamesh. (Mungkin sekalian bikin giveaway sebagai syukuran?)