Arknights CC#0 Diary: Day 3

Permanent Map Progress

Melelahkan. Yap, kata yang tepat menggambarkan perasaan saya yang bermain selama lebih dari lima jam untuk menyelesaikan risk level 18 di permanent map-nya. Meski sudah mengintip beberapa panduan dari YouTube dan diberi wejangan secara tidak langsung oleh Pak Presiden server Discord Yukisubs, saya menghabiskan waktu sebanyak itu untuk mengutak-atik operator yang tepat, contract yang cocok untuk diambil, dan timing; baik itu timing deploy operator, maupun timing mengaktifkan skill. Mengintip panduan yang dimaksud adalah mendapatkan garis besar mengenai penempatan operator dan contract yang relatif aman untuk diambil. Jadi bukan menonton YouTube dan langsung dijiplak mentah-mentah. Saya akui dulu saya memang sering menjiplak seperti ini, tapi kali ini saya ingin menikmati prosesnya saja. Benar saja, hasilnya sangat memuaskan meski harus capek dan berdarah-darah dulu.

Utak-atik operator mulai dari Texas, SilverAsh, Gravel, duet tukang dorong Shaw dan FEater, sampai Gravel untuk mengatasi laba-laba menyebalkan sudah saya coba. Berkali-kali kegagalan pun sudah saya rasakan, entah karena DP kurang yang menyebabkan operator terlambat di-deploy, salah timing schwing-schwing, musuh yang menembus blok Saria yang terkena debuff, atau laba-laba meledak dan menewaskan para Defender di atas. Percobaan berkali-kali termasuk mengganti contract dan operator untuk dibawa tidak terlalu banyak membantu saya menemukan titik terang.

Setelah kurang lebih tiga jam bergonta-ganti strategi, saya akhirnya mulai mendapat ilham saat menempatkan Lappland menghadap ke atas untuk membantu membunuh musuh yang diblok Saria. Sebelumnya, saya sudah beberapa kali memakai Lappland, tapi penempatannya yang kurang tepat. Meski begitu, saya tetap membutuhkan beberapa kali percobaan dan keberuntungan untuk menyelesaikan risk level 18. Terbunuhnya Saria dan musuh yang berhasil menembus blokadenya saat terkena debuff blok adalah penyebab kegagalan yang paling sering saya alami. Hal ini terjadi karena tidak ada yang memberikan damage yang cukup untuk menghabisi musuh yang berkumpul di depan Saria. Karena itulah timing skill Hoshiguma cukup penting untuk membantu membunuh musuh yang berkerumun saat skill Lappland masih belum siap. Di sini keberuntungan pun cukup punya peran. Yes, lava tile RNG is real!!!

Finally can rest!

Setelah capek menyelesaikan risk level 18, saya yang sudah mengantuk hanya mengerjakan dua misi “menggabungkan contract” sehingga hanya menyisakan satu misi terakhir untuk map permanen di minggu pertama; melawan om-om bawa kapak yang mendapat buff hingga tingkat maksimal. Besok waktunya minjam Schwarz punya orang!

Daily Map

Map harian di hari ketiga cukup mudah karena sudah muncul di event CC sebelumnya sehingga tidak butuh banyak waktu dan percobaan untuk menemukan strategi yang tepat. Pemain yang berpartisipasi dalam CC sebelumnya pun sudah mengetahui jenis musuh yang muncul sehingga bisa menempatkan operator di tempat yang relatif aman. Oh, Blaze sangat nyaman untuk digunakan di map ini (hanya modal minjam, btw).

Blaze MVP!