Arknights CC#0 Diary: Day 7

Daily Map

Area 59, map permanent dari event CC sebelumnya yang sukses bikin para player bermodal minim pusing tujuh keliling demi mencapai risk level 18 di minggu kedua. Meski sudah mengantongi sertifikat seminar strategi untuk menaklukkan map ini dari Universitas YouTube, para pemain dengan operator seadanya tetap perlu mencobanya berkali-kali hingga keberuntungan akhirnya datang pada mereka yang pantang menyerah. SilverAsh, Ch’en, Specter, Lappland, dan Saria dengan skill Mastery 3 tidak menjamin kalau map ini akan mudah untuk dilewati. Tetap diperlukan kemahiran dari player untuk mengatur timing skill tiap operator. Itulah gambaran pengalaman pahit map permanen di CC sebelumnya yang kali ini datang sebagai map harian.

Berbekal pengalaman tersebut, mayoritas pemain yang sudah merasakan kengeriannya rasanya tidak akan lupa dengan musuh dan jalur yang mereka lewati. Katana boi dari kiri atas, kang kapak dari kiri tengah beserta kroco-kroco yang lain, ditambah dengan caster pengganggu dari kanan bawah. Seperti di hari-hari sebelumnya, saya membuka contract untuk map harian ini melalui map latihan terlebih dahulu. Contract yang ada di map latihan tidak terasa begitu sulit karena strategi yang digunakan tidak jauh berbeda dengan yang dipakai untuk menaklukkan risk level 18 di CC sebelumnya.

Bukan berarti map hari ini tidak memberikan kesulitan atau tantangan. Misi yang terdapat di map harian untuk hari ketujuh meminta pemain untuk mengambil contract level tiga yang membatasi jumlah operator yang dapat dibawa menjadi empat operator saja. Contract ini tidak mengagetkan karena sudah hadir di CC sebelumnya. Menjadi sedikit sulit karena bila menggabungkannya dengan contract yang lain untuk mencapai risk level 8, maka operator yang dibawa hanya memiliki setengah dari kapasitas HP maksimalnya (atau memberikan buff untuk kang kapak di contract level satu).

Hoshiguma dan Saria jelas harus dibawa untuk menahan para musuh yang datang. Diskusi dengan rekan Dokutah lain membuat saya memutuskan untuk menantang katana boi dan caster musuh dengan Hellagur mengingat tingkat ketahanannya yang tinggi meski HP-nya tidak bisa dipulihkan oleh operator lain. Saya sempat beberapa kali mencoba Lappland dan SilverAsh, tapi ragu dan tidak yakin untuk menempatkan mereka di posisi yang pas. Apalagi SilverAsh yang meski skill miliknya super sakti, saya harus menunggu satu setengah menit untuk menggunakannya kembali. Hal ini menyulitkan saya untuk mengaktifkannya di saat yang tepat karena harus sinkron dengan timing skill milik Hoshiguma. Pilihan pun akhirnya jatuh pada Ch’en yang skill 2 miliknya langsung bisa digunakan sesaat setelah di-deploy dan hanya perlu dua puluh kali memukul musuh saja untuk menggunakannya kembali di Mastery 3. Mengingat kroco yang datang mengawal kang kapak memerlukan Arts damage untuk dibunuh, saya rasa dia adalah pilihan yang tepat.

Tadinya hanya mengambil risk level 8, ternyata masih bisa nambah.

Saya rasa risk level 10 bisa dicapai bila semua operator yang dibawa berada di level maksimal beserta skill Mastery 3-nya.

Permanent Map Progress

Jujur, tadinya saya cukup antusias dengan contract dan misi baru yang akan terbuka di hari ketujuh. Ternyata saya harus menelan kekecewaan. Pasalnya, misi baru “menggabungkan contract” yang diberikan hanya ada dua saja! Hadiahnya sangat pelit! Kalau contract baru, mungkin sedikit lebih “baik”. Ada contract yang membatasi tile di level tiga, buff laba-laba pengebom datang dengan tiga tingkat kecerahan kesulitan, dan pembatasan operator kelas Medic dan Sniper yang tidak bisa dibawa (level dua) atau DP-nya yang dibuat menjadi tiga kali lipat (level satu).

Contract yang diambil untuk menyelesaikan misi contract laba-laba pengebom.

Tadinya saya ingin menyelesaikan misi “menggabungkan contract” yang memberikan buff pada laba-laba pengebom. Tentu saja dengan memilih contract yang lain juga untuk membuat permainan menjadi lebih menarik. Saya sempat mencobanya sekali, tapi belum berhasil. Selain itu, saya masih ingin fokus di gim sebelah jadi mungkin akan saya selesaikan di hari lain saja sekaligus mencoba risk level 20.

Kapan-kapan baru dicoba lagi.